Skip to main content

Demam Final AFL Melanda Australia: Richmond VS Adelaide

AFL Grand Final at the MCG
Pertandingan final AFL di stadion MCG Melbourne.

Foto: Visit Victoria

IKLAN

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sudah menjadi budaya penting bagi Melbourne. Namun, dari semua ajang olahraga tidak ada yang lebih identik bagi kota ini selain pertandingan Liga Sepakbola Australia atau Australian Football League (AFL). Bagi para penggemar olahraga ini, ketegangan dan kemeriahan pertandingan final sangat terasa mewarnai Melbourne.

Setiap tahun di bulan September, AFL atau dikenal dengan julukan footy menjadi pusat perhatian seiring dengan berlangsungnya pertandingan final dan Melbourne tentu saja mendapat perhatian besar sebagai kota pelaksanaan pertandingan final ini.

Hampir 100.000 penggemar akan memenuhi stadion Melbourne Cricket Ground (MCG) pada tanggal 30 September untuk menjadi saksi pertarungan antara Richmond (Melbourne) dan Adelaide, ditambah jutaan penonton lainnya di seluruh dunia yang menyaksikan melalui televisi.

‘Kegilaan’ di Musim Dingin

Cuaca yang dingin tidak menyurutkan semangat para penggemar footy di Victoria. Dengan berlangsungnya pertandingan-pertandingan di Melbourne yang selalu menarik sangat banyak penggemar dan pendukung, yang meski selalu ribut berteriak sepanjang pertandingan namun selalu tertib, sudah pasti pengalaman menonton pertandingan footy jangan sampai Anda lewatkan. Bila merencanakan liburan ke Melbourne, pastikan Anda meluangkan waktu untuk menonton pertandingan footy.

Piala untuk pemenang

Dimainkan selama bulan-bulan di musim dingin dari Maret hingga September, pertandingan AFL biasanya diadakan di akhir pekan. Selama 23 pekan sepanjang tahun, 18 tim dari seluruh Australia bertanding memperebutkan posisi di putaran delapan besar dan peluang untuk maju ke babak final AFL. Semangat menyambut pertandingan final selalu terasa kental di Melbourne, di mana para penggemar sering membuat kubu-kubu tersendiri dengan menunjukkan loyalitas pada klub dukungan mereka, yang mana loyalitas itu sudah berlangsung beberapa generasi.

Footy adalah perayaan besar

Pertandingan final AFL selalu disambut meriah di Melbourne sehingga hari sebelum pelaksanaan pertandingan fina pun dijadikan hari libur resmi di Victoria. Bagi para penggemar, ini adalah kesempatan untuk mempersiapkan diri merayakan pertandingan final.  Kegembiraan dan kemeriahan di Melbourne berlangung beberapa hari sebelumnya. Diawali dengan acara penganugerahan pemain terbaik di musim pertandingan yang berlangsung, yang dikenal dengan nama Medali Brownlow, kemudian dilanjutkan dengan parade para pemain di jalan-jalan utama kota pada hari Jumat dan puncaknya adalah pertandingan final pada hari Sabtu sore. Tradisi perayaan ini sudah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun.

Melbourne, Australia's sporting capital
Melbourne, ibukota olahraga bagi Australia.

Foto: Visit Victoria

Sekilas tentang AFL

Sepakbola khas Australia (disebut juga sebagai Aussie Rules, AFL atau footy) sudah mulai dimainkan sejak tahun 1850-an dan merupakan salah satu olahraga paling populer di Australia. Berikut ini beberapa hal penting terkait footy:

Tim

Pertandingan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim memiliki 22 pemain dengan 18 pemain yang bertanding di lapangan.  Tidak ada batasan dalam pergantian pemain.

Durasi

Pertandingan dibagi ke dalam empat babak dan setiap babak berlangsung 20 menit, dengan pertambahan waktu bila terjadi jeda dalam pertandingan. Tim yang bertanding bertukar posisi di setiap babak.

Aturan

Ketika sirene tanda dimulainya pertandingan dibunyikan, wasit melentingkan bola tinggi-tinggi ke udara, di titik tengah lapangan. Seorang pemain dari kedua tim kemudian berusaha menggapai bola tersebut untuk diarahkan ke tim mereka. Pemain yang berebut bola ketika pertandingan dimulai ini disebut sebagai ‘ruckmen’. Ketika seorang pemain memegang bola, sang pemain harus lari, menendang atau melempar bola menuju ke arah gawang lawan. Jika seorang pemain berhasil menangkap bola, pemain itu dapat menendang bola tersebut sementara lawan tidak dibenarkan untuk menyentuh pemain tersebut hingga para pemain bergerak. Para pemain juga dapat berlari sambil membawa bola.

Menjatuhkan lawan

Seorang pemain dapat merebut bola dengan cara menjatuhkan lawan. Cara menjatuhkan lawan yang dibenarkan dalam pertandingan adalah dengan menarik lawan yang memegang bola, di bagian tubuh di bawah bahu dan di atas lutut. Apa bila seorang pemain dijatuhkan, ia harus secara tepat melempar bola ke pemain lainnya dalam hitungan satu atau dua detik. Tendangan bebas diberikan sebagai hadiah bila terjadi aksi menjatuhkan lawan secara ilegal.

Sistem Penilaian

Setiap tim yang mencetak gol dengan memasukkan bolal melalui tiang tengah mendapat 6 poin. Jika bola masuk ke tiang luar, maka tim tersebut mendapatkan 1 poin. Tim yang mendapatkan poin terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.  

Posisi Pemain

Tim yang bertanding menempati posisi-posisi sebagai berikut:

   

  • Posisi garis belakang atau back line
  • Posisi garis tengah belakang atau half-back line
  • Posisi garis tengah atau centre line
  • Posisi garis tengah depan atau half-forward line
  • Posisi garis depan atau forward line

Tim AFL

  • Adelaide Football Club
  • Brisbane Lions
  • Carlton Football Club
  • Collingwood Football Club
  • Essendon Football Club
  • Fremantle Football Club
  • Geelong Football Club
  • Gold Coast Football Club
  • Greater Western Sydney Giants
  • Hawthorn Football Club
  • Melbourne Football Club
  • North Melbourne Football Club
  • Port Adelaide Football Club
  • Richmond Football Club
  • St Kilda Football Club
  • Sydney Swans
  • West Coast Eagles
  • Western Bulldogs

Final AFL 2017

Richmond Football Club VS.Adelaide Football Club

Lokasi : Melbourne Cricket Ground (MCG)

Hari: Sabtu, 30 September, 2017

Waktu: 2.30pm (Waktu Standar Australia)

Penggemar di kawasan Asia/Pasifik dapat menyaksikan secara langsung di   Australia Plus TV.


Artikel ini diproduksi oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria.