Skip to main content

Ketika Seorang Pria dan Anjingnya Ditantang Seekor Kanguru

Large western grey kangaroo stands defensively in waste deep water in a creek.
Menurut para ahli, ketika menghadapi ancaman misalnya dari seekor anjing, seekor kanguru biasanya loncat ke air untuk mempertahankan diri.

Supplied: Jackson Vincent

IKLAN

Seorang bushwalker yang sedang menyusuri sebuah hutan bersama anjingnya kaget ketika dihadang seekor kanguru yang berdiri dengan sikap menantang di dalam sungai di kawasan South West Australia Barat.

Pria bernama Jackson Vincent itu menemukan kanguru ukuran besar yang berdiri di air setinggi pinggang ketika membawa anjingnya berjalan di sepanjang aliran sungai kecil di dekat sungai Margaret River.

"Saya sedikit berlari ingin memotret anjing saya ... saya berbalik dan ada seekor kanguru di dalam sungai," ujar Vincent.

"Dia hanya menatap terus ke arah kami dan saya pun mulai memotret. Anjing saya pun mulai menggonggong, lalu kanguru itu keluar dari air dan kami pun menyadari betapa besar badannya," jelasnya.

"Dia benar-benar menegakkan badannya ke arah saya dan anjingku," katanya.

A kangaroo stands in deep water in a creek near Margaret River.
Kanguru sebenarnya sangat piawai berenang.

Supplied: Jackson Vincent

Ahli satwa liar Dr Bill Bateman dari Curtin University menjelaskan sudah biasa bagi seekor kanguru loncat ke air untuk mempertahankan diri dari ancaman predator seperti dari seekor anjing.

"Jika mereka melihat anjing, dan mereka pikir ini pemangsa potensial. Mereka akan masuk ke dalam air dengan harapan anjing itu berhenti mengejar mereka," katanya.

Terlepas dari gambaran umum kanguru yang meloncat-loncat melintasi lanskap Australia, Dr Bateman mengatakan sebenarnya kanguru juga merupakan perenang yang baik.

"Ketika berada di dalam air mereka sangat bisa menendang dengan kaki belakang secara bergantian - mereka bisa melakukan semacam gaya mendayung," katanya.

Dharma the dog sits on the bank watching a large kangaroo in the water.
Kanguru jantan ini terus menatap ke arah si anjing bernama Dharma.

Supplied: Jackson Vincent

Kanguru berenang

Dr Bateman menjelaskan kanguru tidak masalah berada dalam air.

"Mereka bahkan diketahui berlari menuju laut di beberapa tempat - kadang demi menghindari predator atau anjing - dan kadang karena mereka sangat menyukai mendingkan badan," jelasnya.

Vincent mengatakan dia dan anjingnya bernama Dharma bertahan di sana sekitar 20 menit untuk melihat apakah kanguru itu akan keluar dari air.

"Anjingku sama sekali belum pernah melihat kanguru sebelumnya," kata Vincent.

"Dia cukup energik saat itu, ingin bermain dengan kanguru ini, tapi kangurunya jelas tidak mau," katanya.

Mereka pun pergi dari sana dan ketika beberapa saat kemudian kembali lagi, kanguru berwarna abu-abu itu pun telah pergi.

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News di sini.