Skip to main content

Kurangi Emisi, Sejumlah Sekolah di Sydney Pasang Panel Surya

Panel surya akan menjadi sumber listrik bagi 745 komputer sekolah tiap tahunnya.
Panel surya akan menjadi sumber listrik bagi 745 komputer sekolah tiap tahunnya.

Supplied: Woollahra Municipal Council

IKLAN

Kincoppal-Rose Bay adalah sekolah pertama di pinggiran timur Sydney, New South Wales (NSW), yang memasang panel surya -sebagai bagian dari inisiatif yang dipimpin dewan kota -untuk mengurangi jejak karbon di wilayah tersebut.

Program ‘Solar My School’ oleh dewan kota Randwick, Waverley dan Woollahra diluncurkan 18 bulan yang lalu.

Sejauh ini, 27 sekolah, baik negeri dan swasta, serta beberapa pusat penitipan anak, telah mendaftar ke program tersebut.

Panel surya untuk fasilitas kebugaran Maurly Tudehope di Kincoppal seharga $ 127.000 (atau setara Rp 1,27 miliar), yang $ 25.000 (atau setara Rp 250 juta) di antaranya dibayar melalui dana hibah dari Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW).

Panel-panel tersebut diperkirakan akan memangkas 30 persen dari tagihan energi tahunan bangunan tersebut dengan menghasilkan 149.000 kilowatt jam listrik setiap tahunnya.

"Kami ingin mengembangkan lingkungan yang berkelanjutan ... dan ini adalah kesempatan lain untuk mencapai ke arah itu," kata kepala sekolah Hilary Johnston-Croke.

"Program ini menghadirkan realitas terhadap pendidikan sains ...para siswa sangat sadar akan dampaknya terhadap lingkungan dan perubahan iklim dan mereka mendapat contoh nyata di sini.”

"Kami yang pertama di wilayah pinggiran timur dan para siswa sangat bangga akan hal itu."

Tapi sementara penghematan energi dan biaya listrik yang rendah akan membantu mempertahankan "anggaran sekolah", Johnston-Croke mengatakan bahwa sepertinya tidak mungkin siswa akan mengalami pengurangan biaya sekolah.

"Saya pikir tak begitu, tapi mereka mungkin tak mengalami kenaikan (biaya) yang sama," sebutnya.

"Tapi Anda tak berbicara uang dalam jumlah besar, karena biaya besar di sekolah adalah staf.”

Ia menjelaskan, "Kami akan menggunakan energi di siang hari, kami akan mengumpulkannya dan menggunakannya, dan sekolah umumnya memiliki biaya besar sehingga program ini hanya membantu mempertahankan biaya kami."

Sebanyak 27 sekolah di wilayah pinggiran timur telah mendaftar untuk program panel surya.
Sebanyak 27 sekolah di wilayah pinggiran timur telah mendaftar untuk program panel surya.

Supplied: Woollahra Municipal Council

Kenaikan jumlah panel surya yang meningkat di wilayah pinggiran

Menurut Departemen Pendidikan NSW, 1.421 sekolah negeri telah memasang sistem fotovoltaik panel surya mulai bulan Mei tahun ini.

Seorang juru bicara Asosiasi Sekolah Independen NSW mengatakan bahwa mereka tidak mengumpulkan data tentang instalasi panel surya, sementara Sekolah Katolik Sydney tidak bisa dihubungi.

Anthony Weinberg, koordinator program lingkungan untuk tiga dewan kota tersebut, mengatakan bahwa biaya rata-rata untuk sekolah yang memasang panel surya bervariasi tergantung pada skala proyeknya.

Sekolah Negeri Bronte, misalnya, memiliki rencana energi surya yang bernilai sekitar $ 50.000 (atau setara Rp 500 juta).

Setelah mengajukan sejumlah dana pemerintah, pengeluaran untuk sekolah tersebut turun menjadi $ 12.000 (atau setara Rp 120 juta), kata Weinberg.

Sekolah bisa mengajukan permohonan dana hibah dari dewan lokal mereka, dari Departemen Pendidikan, dan mendaftar untuk mendapat potongan harga di bawah Skema Energi Terbarukan Skala Kecil Pemerintah Federal Australia.

Skema ini menerbitkan sertifikat untuk sistem energi terbarukan kecil yang bertindak sebagai bentuk mata uang yang bisa dijual ke kelompok industri seperti perusahaan listrik.

"Ada banyak pembicaraan seputar perubahan iklim dan tindakan perubahan iklim dan proyek semacam ini adalah realisasinya dan panel-panel surya benar-benar terinstal," kata Weinberg.

"Itulah tujuan kami, untuk mencoba dan membuat kawasan pinggiran timur seramah lingkungan mungkin dan memasang panel surya sebanyak mungkin, dan kami pikir ini adalah teknologi yang hebat dan sangat sesuai untuk wilayah kami," sambungnya.

Weinberg mengatakan, ketiga dewan kota tersebut ingin membawa program panel surya mereka ke dewan kota dan sekolah lain di seluruh Australia.

Mereka juga menyiapkan program percontohan serupa untuk pub dan klub lokal yang diluncurkan pada akhir tahun.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 19:15 WIB 16/06/2017 oleh Nurina Savitri.