Skip to main content

Aktris Amanda Muggleton Mengaku Jadi Korban Pelecehan

Amanda Muggleton
Amanda Muggleton mengatakan dirinya telah dilecehkan sebelum tampil diatas panggung di masa lalu.

Supplied: MTC

Seorang aktris peraih penghargaan di Australia mengklaim dirinya telah dilecehkan secara seksual sepanjang karirnya namun "terlalu takut" untuk melaporkan hal tersebut.

Aktris teater, film dan televisi, Amanda Muggleton, yang dikenal karena perannya dalam drama TV 'Prisoner', mengatakan dia tidak mengungkapkan pelecehan seksual yang dialaminya karena khawatir tidak akan bekerja lagi.

"Saya tidak berbicara tentang tepukan dibokong atau hal-hal seperti itu, saya berbicara tentang secara verbal dan fisik disentuh di bagian-bagian yang seharusnya tidak tersentuh," katanya kepada ABC Radio Melbourne.

Pemenang penghargaan Helpmann Award ini ingat satu kali dia [pernah] dilecehkan sebelum naik ke panggung.
"Hal-hal telah terjadi pada saya di sisi sayap di kegelapan panggung teater, dan selalu terjadi tepat sebelum saya melangkah ke atas panggung," katanya.
"[Ini] sangat, sangat menakutkan, [tapi] apa yang bisa Anda lakukan? Anda tidak bisa menampar seseorang.

"Saya mendorong orang [yang melecehkan saya] ini dan saya menariknya ke suatu tempat dimana saya tidak seharusnya berada disana dan saya menghimpitnya dengan sangat, sangat ketat dan berkata dengan sangat pelan, 'Jangan pernah melakukannya lagi', lalu saya harus naik ke panggung dan menjadi  karakter tertentu lagi.
"Itu satu contoh yang tidak akan pernah saya lupakan, tapi ini amat sering hal seperti ini terjadi."

Pengakuan Amanda Muggleton ini muncul setelah tiga wanita mengajukan tuduhan bahwa mereka telah mengalami penganiayaan dan dilecehkan secara seksual oleh Craig McLachlan selama produksi pertunjukkan Rocky Horror Show tahun 2014.

Craig McLachlan dengan keras membantah semua tuduhan tersebut.
Polisi Victoria telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki laporan pelanggaran seksual dari dua wanita tersebut.
Pelecehan seksual di industri perfilman dan teater telah menjadi sorotan global akhir-akhir ini.

Para bintang berkampanye untuk  perubahan perlakuan terhadap wanita pada upacara Golden Globes minggu ini, dan sebuah pidato oleh Oprah Winfrey yang menyerukan pelecehan seksual telah menjadi viral.

Oprah Winfrey
Oprah Winfrey menggunakan pidato penerimaan penghargaannya di Golden Globes untuk menyoroti perempuan yang bertahun-tahun mengalami pelecehan.

AP: Paul Drinkwater

'Orang mengira saya adalah sasaran pelecehan'

Amanda Muggleton, yang kembali mengulang perannya sebagai penyanyi sopran terkenal Maria Callas di lakon Masterclass Theatre yang ditampilkan di  Melbourne Theater  bulan ini, mengatakan bahwa pelecehan seksual masih berlangsung di dunia teater Australia.

Dia mengatakan bahwa dia meyakini orang-orang mulai "memanfaatkannya" setelah dia muncul dalam sebuah drama yang mengharuskannya untuk melakukan adegan telanjang.

"Saya menduga orang sepertinya menganggap peran saya itu sebagai isyarat bahwa saya adalah sasaran pelecehan. Mengerikan," katanya.
"Dengan demikian Anda akan mulai mendapatkan reputasi sebagai... 'dia itu objek pelecehan yang mudah' karena dia telah melepaskan pakaiannya.
"Tidak, tidak, tidak demikian."

Terikat oleh rasa takut

Amanda Muggleton mengaku bahwa dia masih khawatir untuk mengungkapkan kasus pelecehan yang dialaminya secara terbuka dan memuji orang-orang di industri perfilman dan teater yang telah lebih dahulu mengungkapkan kasus mereka.

"Menurut saya wanita-wanita yang berani berbicara secara terbuka mengenai hal ini mereka sangat berani, mereka jauh lebih berani dari saya," katanya.
"Ada sesuatu dalam diri saya yang ingin secara terbuka mengungkapkannya dan berbuat sesuatu bersama mereka, dan mungkin saya akan melakukannya, saya tidak tahu.

"Ini adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan dan saya utamanya memang tidak terlalu menginginkan publisitas semacam itu ... saya tidak menginginkan ketenaran itu.
"Karena saya karakter saya sudah terbentuk sesuai masa saya dibesarkan ... saya masih terikat sepenuhnya dalam rasa takut Anda tidak akan pernah bekerja lagi

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.