Skip to main content

Frasa Seputar Menjaga Diri Tetap Hangat di Musim Dingin

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Learn English: How to stay warm in winter?

Bulan-bulan pada musim dingin di Australia berlangsung mulai dari Juni hingga akhir Agustus. Meskipun Australia terkenal dengan gaya hidup yang berbasah-basahan di pantai-pantai dan musim panas idaman, musim dingin terutama di bagian selatan Australia, menghadirkan cuaca yang sangat dingin.

Di sejumlah tempat di Australia bahkan turun salju. Ada banyak cara berbeda untuk membuat diri tetap hangat, mari kita pelajari sejumlah frasa yang akan membantu anda tetap hangat dan nyaman.

Rugging up

A cold snap
A cold snap.

Unsplash: Felix Plakolb

Jika udara dingin tiba-tiba saja menerpa (secara tiba-tiba cuaca menjadi sangat dingin), orang sering akan ‘rug up’. Jika anda 'rug up' maka itu artinya anda mengenakan pakaian tambahan, dan ini mungkin akan meliputi kaus dalam, kaus tangan panjang dan jas atau jaket.

Salah satu jenis pakaian yang umum digunakan pada cuaca yang sangat dingin adalah 'thermal underwear'. Thermal underwear adalah jenis pakaian khusus yang digunakan dibalik pakaian reguler yang dirancang untuk membuat anda tetap hangat dengan mempertahankan suhu panas di tubuh anda."

Lots of layers

Lots of layers
Lots of layers.

Unsplash: Alisa Anton

Ketika orang bersiap untuk menghadapi hari-hari yang sangat dingin adalah bukan hal yang aneh lagi jika mereka mengenakan pakaian berlapis-lapis, atau 'layers'.  

Kata '(a) layer' biasanya adalah satu barang pakaian dan ketika anda dikatakan mengenakan 'layers', itu artinya anda mengenakan jenis pakaian lain diatasnya, untuk menjaga agar tubuh tetap hangat.

Misalnya, anda mungkin melihat orang mengenakan pakaian dalam thermal, kemeja tangan panjang, dan kemudian jaket penahan angin.

Sama dengan sebuah bawang, lapisan pakaian, semua digabungkan dapat menciptakan kehangatan dan kehangatan itu akan tetap terjaga.

'Jumper' demikian dikenal di Australia, atau 'sweater' sebutan di Amerika Serikat adalah benda wajib selama bulan-bulan di musim panas dan itu adalah kaos lengan panjang yang tebal yang dikenakan pada hari-hari yang dingin.

Benda lain yang populer untuk membuat anda tetap hangat dan terutama berguna pada hari-hari berangin dingin adalah 'windproof coat'.

'(A) windproof coat' adalah jas atau jaket yang mencegah angin masuk dan karenanya jas atau jaket itu membuat anda tetap hangat.

Staying in bed

Staying in bed
Staying in bed.

Unsplash: Elizabeth Lies

Untuk menjaga agar tubuh tetap hangat di tempat tidur beberapa orang menggunakan 'electric blanket'.

'(An) electric blanket' adalah selimut yang menggunakan listrik untuk menghangatkan elemen didalam bahan-bahan dari selimut itu yang menjadikan selimut itu hangat dikenakan ditempat tidur.

Mekanisme lain untuk menghangatkan tempat tidur adalah dengan 'a hot water bottle'.

Ini adalah botol plastik atau botol yang lentur yang diisi dengan air hangat dan dijaga tetap kering yang kemudian dibawa ke tempat tidur dimana kemudian botol itu ditempatkan di bawah selimut untuk menjaga agar tempat tidur tetap hangat.

Begitu tempat tidur sudah hangat, satu-satunya bagian dari anda yang tidak tertutupi oleh selimut adalah kepala anda, jadi bukan sebuah ide yang bagus untuk mengenakan 'a beanie' di udara dingin.

"Beanie' atau penutup kepala menjaga kepala anda tetap tertutup dan dapat juga ditarik ke bawah untuk menjaga agar telinga anda juga tetap hangat meskipun 'beanie' bisa merusak gaya rambut anda."

Woollen clothes

Woollen clothes
Woollen clothes.

Unsplash: Giulia Bertelli

Salah satu bahan yang paling populer digunakan pada pakaian musim dingin adalah 'wool'.

'Wool' atau wol berasal dari domba-domba dan sering kali digunakan untuk membuat pakaian dan terutamanya pakaian musim dingin.

Wol bisa digunakan untuk membuat beraneka jenis pakaian, kaos tangan panjang, scarves, sarung tangan, jaket dan penutup kepala adalah sebagian dari beberapa benda pakaian yang bisa jadi dibuat dari wol.

Pakaian dari bahan wol dikenal juga dengan sebutan 'woolies' oleh sebagian orang dalam bahasa gaul.

Makanan dan minuman dapat juga ‘warm you up’ pada malam dan hari-hari yang dingin.

Jika sesuatu membuat anda hangat maka itu artinya saat ini anda sedang merasa dingin dan kehangatan dari uap panas pada makanan atau minuman langsung memberikan anda rasa dari kehangatan.

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan berbagai tips lainnya dengan bergabung di forum Learn English Facebook page