Skip to main content

Sydney Festival 2017 Hadirkan Lautan Bola dari AS

Festival Sydney
Direktur Artistik, Wesley Enoch mengatakan berenang di lautan bola sangat menyenangkan.

ABC: Sarah Hawke

IKLAN

Para pengunjung event ‘Sydney Festival’ dapat menceburkan diri dan berenang di lautan 1,1 juta bola plastik berisi udara atau area duduk dengan kursi dan pasir sintetis yang digunakan untuk menciptakan situasi pantai khas untuk event ini.

Penyelenggara event yang diberi judul ‘The Beach at the Cutaway”, yang telah disiapkan di Barangaroo Reserve, berharap area yang dipenuhi bola plastic seukuran bola kriket ini akan memberi public kesenangan yang sama dengan berenang di pantai-pantai ikonik di Kota Sydney – tanpa deburan ombak, ikan hiu atau ubur-ubur berwarna biru.

Direktur festival ini, Welsey Encoch, mengatakan tujuan dari pameran ini sederhana saja.

"Tujuan pameran ini semata untuk bersenang-senang, menghabiskan waktu di pantai yang berbeda.”katanya.

Lautan bola berdiameter 60m x 23m ini dikeliling oleh karpet ‘pasir’ putih sintetis yang sama dengan halaman sintetis.

Payung-payung dan ‘penjaga pantai’ juga ditampilkan dalam event pantai ini.

Festival Sydney2
Ini pertama kalinya konsep ini ditampilkan di luar AS.

ABC News: Sarah Hawke

Meski festival ini memang menyenangkan, tapi bola-bola itu sendiri telah didatangkan dari AS, yang sempat melalui perjalanan yang tidak mudah.

"Bawalah serta anak-anak bersama dengan anda, kita semua senang bermain Mandi bola,” kata Encoch.

"Kita semua suka bersenang-senang dan kita semua menyukai sedikit gerakan aerobic ketika bergerak melalui bola-bola itu.”

Salah seorang warga Sydney, Fion Yau merupakan salah satu orang ‘pertama’ yang menyelam ke lauran bola dan dia mengaku pengalaman ini lenbih baik dari yang dia perkirakan.
"senang sekali punya pantai yang bersih, seperti ini,” katanya.

Ini merupakan pertama kalinya konsep seperti ini ditampilkan di luar Amerika Serikat.

Gagasan ini awalnya dibentuk komisinya pada tahun 2015 oleh Museum Bangunan Bersejarang Nasional di Washington, ketika bola-bola ini disumbangkan dari para seniman dan organisasi lainnya.

Bola-bola plastic untuk Festival Sydney ini didonasikan oleh Vinik Family Foundation di Tampa, Florida, dimana mereka juga ditampilkan di event-event lain.

Stuart Ayres
Bahkan Menteri Pariwisata dan Menteri Event Utama Stuart Ayres tidak tahan ingin berenang di lautan bola.

ABC News: Sarah Hawke


Studio rancang berbasis di New York, Snarkitecture menciptakan ulang konsep pantai ini bagi Festival Sydney setelah bola-bola plastic ini dikapalkan ke Australia dalam 7 kontainer.
Saat ini pengerjaan masih terus berlangsung untuk mencari rumah baru bagi bola-bola ini usah penyelenggaraan festival ini dimana negosiasi masih berlangsung antara penyelenggara festival dan perusahaan daur ulang bola plastik.

"Mereka dapat digunakan dalam apa saja mulai dari lantai kayu plastik, genteng atau tong sampah,” kata produser acara terbuka untuk Festival, Vernon Guest, katanya.

Pameran ‘The Beach’ terbuka untuk umum pada ‘Festival Sydney’ yang berlangsung dari 07-29 Januari 2017.