Skip to main content

Petani Gandeng Netball Australia Pasarkan Apel Australia

Mempopulerkan apel lewat Netball Australia
Mempopulerkan apel lewat Netball Australia.

Clint Jasper

Buah-buahan dan kegiatan olahraga. Inilah yang menjadi pertalian kerjasama petani apel Australia dengan Netball Australia, pengelola kompetisi bola jaring guna menyediakan apel sebagai makanan ringan di berbagai pertandingan di Australia.

Kesepakatan selama 3 tahun bernilai $600.000 atau setara Rp 6,1 miliar akan memungkinkan produksi buah apel dipromosikan di semua tingkatan event olahraga, dan dimulai dengan event pertandingan Super Netball atau bola jaring [olahraga sejenis basket dari Inggris] yang akan dilangsungkan akhir pekan ini,

General Manajer Pemasaran dari lembaga Inovasi Hortikultura Australia atau ‘Horticulture Innovation Australia (HIA) David Moore mengatakan kesepakatan ini akan mampu mempromosikan pilihan makanan kecil (snack) yang lebih sehat bagi para pemain dan pendukungnya.

“Dahulunya event olahraga didominasi oleh buah jeruk pada separuh babak, tapi umumnya berbicara soal setengah babak pertandingan sekarang didominasi oleh minuman berenergi dan kudapan dengan kandungan gula tinggi untuk meningkatkan energi,” tutur David Moore.

“Jadi apa yang kita ingin lakukan adalah menyelaraskan antara olahraga  yang benar-benar inovatif dalam Netball Australia dan menampilkan sifat yang sehat dan bersemangat dari apel Australia."

Tubuh yang fit untuk olahraga netball

Direktur Eksekutif Netball Australia Marne Fechner mengatakan dalam sebuah pernyataan kalau apel Australia cocok dengan cabang olahraga mereka.

"Dengan fokus pada nutrisi yang sehat, dan minat dalam mendukung cabang olahraga wanita terkemuka di Australia ini mulai dari akar rumput hingga ke tingkat elit, kita tidak bisa lebih bahagia lagi dalam menyambut Inovasi Hortikultura Australia bergabung dengan netball," katanya.

Lembaga Inovasi Hortikultura Australia mengelola  dana iuran petani untuk memasarkan 17 jenis buah-buahan dan sayuran berbeda yang mereka hasilkan.

David Moore mengatakan apel yang saat ini menempati urutan keempat makanan ringan paling populer setelah pisang, keripik kentang dan Bar Mars.

"Komponen pertama dari kesepakatan ini adalah promosi di pertandingan Super Netball, yang termasuk didalamnya pemasangan banyak iklan dengan kampanye Apel Aussie yang baru ‘GetYourCrunchOn." katanya.

Kampanye baru, pangsa baru

Lembaga Inovasi Hortikultural mengatakan bahwa memang kampanye diperlukan untuk mempopulerkan buah-buahan produksi Australia, setelah dalam beberapa tahun belakangan, muncul berbagai berita buruk di kalangan industri tersebut.

Pada tahun 2015, seorang petugas pemasaran dipekerjakan oleh HIA telah melakukan penggelapan dana, yang kemudian dihabiskan untuk membangun teater.

Pada tahun berikutnya, slogan kampanye iklan Aussie Apple yang berbunyi ‘Refresh Yourself’ dianggap tidak efektif.

Moore mengatakan pengawasan dana pemasaran telah mendorong, dan kesepakatan dengan Netball Australia sangat didukung oleh para petani.

"Kami sudah berkonsultasi dengan para petani dan bertanya apa yang mereka inginkan, dan mereka datang kembali kepada kami dengan program yang melibatkan Netball Australia," katanya.

"Demi menghormati proses dan tata kelola, HIA telah melihat proses tata kelola kami dan kami sangat yakin bahwa insiden [seperti tahun 2015] tidak akan terjadi lagi."

Diterjemahkan pukul 19:00 WIB, 21/2/2017 oleh Iffah Nur Arifah dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini