Skip to main content

Queensland Mewaspadai Badai Topan

Satellite image a tropical low pressure system forming north-east Queensland in the Coral Sea.
Badai tropis bertekanan rendah akan bergerak ke selatan hari Selasa (13/3/2018).

Bureau of Meteorology

Badai tropis bertekanan rendah di Laut Coral terus bergerak ke arah tenggara Queensland, Australia, namun Biro Meteorologi (BOM) menyatakan sejauh ini belum berubah menjadi badai topan atau siklon.

Posisinya sekitar 1.300 kilometer timur laut Sunshine Coast dan akan terus bergerak ke selatan hari Selasa (13/3/2018).

Badai ini diperkirakan tidak akan melintasi wilayah pantai.

Meski badai bertekanan rendah tidak berubah menjadi siklon tropis, diperkirakan masih akan memicu ombak berbahaya dari wilayah perairan selatan Pulau Fraser.

Rick Threlfall dari BOM menjelaskan badai akan bergerak mendekati pantai tenggara Queensland pada hari Rabu, menimbulkan angin kencang dan ombak berbahaya.

"Akan cukup dekat dengan sudut tenggara Queensland," jelasnya.

"Masih sekitar 300 kilometer lepas pantai pada Kamis dan Jumat, tapi kita akan mulai merasakan dampaknya besok, terutama siang di Sunshine Coast dan malam hari di Gold Coast, akan ada ombak besar," paparnya.

Threlfall mengatakan bahwa bahaya berselancar dikeluarkan untuk hari Rabu, dengan perkiraan pasang surut yang tidak normal.

"Kemungkinan ombaknya 3 sampai 4 meter di pantai, dan juga kita akan mendekati gelombang tertinggi tahun ini saat air pasang besok pagi. Tapi mungkin pasang surut akan lebih tinggi lagi hari Kamis pagi," katanya.

"Ini dapat menyebabkan erosi dan sejumlah masalah untuk persiapan Commonwealth Games bahkan untuk kegiatan selancar yang akan dilaksanakan di Gold Coast. Jadi dari segi waktu datangnya badai ini ke tenggara Queensland tidak pas," ujarnya.

"Hari Rabu dan Kamis akan sangat berantakan dengan datangnya angin yang sangat kuat," ujarnya.

Koordinator manajemen bencana Kota Sunshine Coast Kathy Buck menyatakan curah hujan pada tahap ini diperkirakan tidak melampaui 50 milimeter selama beberapa hari ke depan.

"Ada peringatan ombak tinggi akibat cuaca buruk yang kami amati. Surf Life Saving Queensland menyatakan akan mengamati wilayah pantai, apakah akan ditutup selama beberapa hari. Pada tahap ini kami mengamati kemungkinan angin kencang," katanya.

"Kami menyarankan warga untuk menjauh dari wilayah air pada tahap ini. Tidak aman untuk berenang atau memancing. Pahami situasinya dan jaga keselamatan di sekitar pantai," paparnya.

"Gelombang pasang mungkin sedikit di atas normal, namun diperkirakan tidak akan sampai di atas wilayah dataran rendah sama sekali," tambahnya.

Layanan Eemegensi telah mempersiapkan karung-karung berisi pasir sebagai langkah antisipasi.

Pembersihan di Ingham

Sementara itu, pembersihan sisa-sisa banjir di Kota Ingham berjalan baik karena luapan Sungai Herbert terus menurun di Queensland utara.

Namun genangan di daerah lain termasuk Halifax dan Cordelia, Pemerintah Kota Hinchinbrook mengatakan butuh waktu beberapa minggu sampai keadaan normal kembali.

90 persen properti di Ingham terdampak banjir, namun Pemkot Hinchinbrook mengatakan warga langsung melakukan pembersihan.

Walikota Ramon Jayo menjelaskan infrastruktur penting seperti air bersih dan saluran pembuangan tidak terdampak, namun terjadi kerusakan jalan yang parah.

"Karena genangan air sudah menyurut di jalan-jalan, kita membersihkannya sehingga bisa dilalui kembali," katanya.

Aerial photo of the flooded town of Ingham in north Queensland on March 11, 2018.
Sekitar 90 persen wilayah Kota Ingham terdampak banjir.

Supplied: @AnnastaciaMP

"Prioritas utama kami saat ini adalah membersihkan semuanya dan berupaya agar warga kembali bekerja dan menjalani kembali kehidupannya secara normal," ujar walikota Jayo.

Dia menambahkan berupaya melupakan banjir yang telah terjadi.

"Kami di sini orang yang cukup tangguh. Hal ini tidak aneh - mereka tahu apa yang perlu dilakukan dan langsung melakukannya," katanya.

"Tidak ada pemalas di sini - menyingsingkan lengan baju dan terjun menyelesaikan pekerjaan," tambahnya.

Sementara itu, seorang anggota parlemen Queensland Nick Dametto mengaku dia telah berbuat kekeliruan saat memutuskan menerjang banjir di Ingham akhir pekan lalu.

Politisi dari Katter's Australian Party ini didenda $ 150 dan telah kehilangan tiga poin SIM-nya karena mengabaikan penutupan jalan antara Ingham dan Townsville pada hari Minggu.

Dia berdalih harus menghadiri pertemuan penting saat itu.

Komisioner Pelayanan Kebakaran dan Darurat Queensland Katarina Carroll bersama Menteri Layanan Darurat Craig Crawford akan melakukan tur ke daerah-daerah terdampak banjir di Queensland utara.

Crawford mengatakan mereka akan memeriksa kerusakan antara Cairns dan Townsville hari ini, sebelum terbang ke Mount Isa dan sekitarnya besok.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.