Skip to main content

Menggunakan Corpus untuk Menguasai Kosakata

corpora
Tingkatkan penguasaan kosakata anda dengan menggunakan permainan kartu kata-kata (corpora).

Flickr CC: Susana Fernandez

Jika Anda mempelajari sebuah bahasa baru dan Anda menemukan kata baru, bagaimana Anda bisa mempelajari arti dan penggunaannya? Margot Palmer dari Hawthorn Learning menjelaskan bagaimana para pelajar bahasa dapat menggunakan corpus untuk membantu mereka belajar dan meningkatkan kosakata mereka dengan cara yang berarti.

Sebuah corpus adalah kumpulan teks yang menangkap penggunaan bahasa dalam bentuk tertulis atau lisan. Ini akan memberi contoh bagaimana sebuah bahasa digunakan dalam situasi kehidupan nyata. Anda bisa mengakses corpora yang berbeda secara online.

Margot mengatakan dengan menggunakan korpus, Anda mendapatkan konteks kata yang ingin Anda pelajari. Dia memberi contoh kata 'depend' di bawah ini.

corpus
Carilah kata 'depend' di corpus yang menunjukkan bagaimana penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Supplied: Margot Palmer

"Bila Anda hanya mendapat sedikit laporan kecil seperti ini, Anda perlu melihat ke kiri dan melihat ke kanan," kata Margot.

"Jadi hanya dengan melihat penggunaan kata ‘depend’ dalam konteks ini, Anda dapat melihat bahwa konstruksi umumnya adalah ‘depend on’ atau ‘bergantung pada '. Dan jika Anda melihat ke arah kanan, Anda bisa melihat berbagai jenis kata benda yang digunakan dengan kata ‘depend’ tersebut.”

Dengan melihat hasil pencarian corpus di atas, Anda bisa melihat bahwa (modal) + depend + (on) adalah sebuah bentuk potongan Bahasa yang umum.

Sebuah korpus bisa memberi contoh potongan bahasa dan ini membantu Anda memahami konteks dan penggunaan kata yang ingin Anda pelajari.

Dia mendorong peserta didik untuk mencoba menggunakan apa yang telah mereka pelajari dalam kehidupan nyata.

"Jika Anda mencoba sepotong kata dan Anda melihat ada reaksi yang aneh, coba kata lain yang sesuai," katanya.

Keuntungan lain menggunakan corpus adalah membantu Anda memahami frekuensi kata yang Anda temukan. Frekuensi menunjukkan seberapa sering kata tersebut digunakan oleh penutur asli dalam konteks berbicara atau tertulis.

Misalnya, kata 'efficaciousness', yang identik dengan kata ‘effectiveness/keefektifan’,  memiliki frekuensi 10. Itu berarti jarang digunakan oleh penutur bahasa Inggris sehingga maknanya mungkin tidak banyak diketahui.

"Jika penutur asli mengatakan bahwa mereka tidak mengerti kata [yang Anda gunakan], Anda perlu mendengarkannya karena setiap kata memiliki frekuensi.

"Jadi jika sudah digunakan 10 kali, itu bukan kata dengan frekuensi penggunaan yang tinggi. Penutur asli memberi tahu Anda bahwa kata "effectiveness/efektivitas "jauh lebih mudah dipahami.

Panjang dari sebuah kata juga dapat membantu Anda memutuskan apakah itu kata dengan frekuensi tinggi, menurut Margot.

"Secara umum semakin lama sebuah kata maka semakin rendah tingkat keseringan sebuah kata itu digunakan," katanya.

Margot juga merekomendasikan menggunakan mesin pencari online, seperti Google, jika Anda tidak tahu arti kata apa.

"Jika Anda memasukkan [kata] melalui  ‘Google images’ cukup sering itu menjadi cara termudah untuk memahami kata tersebut karena Anda akan mendapatkan gambar dan Anda tidak perlu menerjemahkannya.

"Pastikan Anda mendapatkan gambaran yang benar karena ingat konteks selalu penting," katanya.

Learn English Hacks adalah serial Live Facebook yang menampilkan guru-guru Australia di mana mereka mendiskusikan tantangan yang dihadapi peserta didik dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Facebook Learn English kami.