Skip to main content

Tips Memilah dan Mengingat Kata dengan 'Word Cloud'

Mengembangkan kemampuan kosakata anda.
Mengembangkan kemampuan kosakata anda.

Flickr CC: Jonathan Kim

Margot Palmer, seorang guru Australia dari Hawthorn Learning menjelaskan bagaimana para siswa yang sedang belajar Bahasa Inggris dapat memilah dan menyimpan kata-kata, membangun kosakata mereka selama proses belajar tersebut.

Gunakan program ‘word cloud’ untuk mengurutkan kosa kata

Saat Anda membaca teks sebagai siswa yang sedang mempelajari bahasa kedua, Anda mungkin harus berhenti sejenak dan mencari tahu arti dari kata-kata yang tidak Anda ketahui. Hal ini bisa membuat frustrasi karena bisa memperlambat kegiatan membaca anda. Ini juga tidak membantu anda memahami arti kata dalam konteks.

"Saran saya kepada anda adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilah kosakata apa yang perlu Anda pelajari," kata Margot.

word cloud
Sebuah contoh 'word cloud'.

Supplied: Margot Palmer

Dia merekomendasikan penggunaan situs-situs yang dapat menyortir kata-kata dari sebuah teks. Anda dapat menempelkan teks ke penyortir ‘word cloud’ dan kumpulan dari ‘word cloud’ atau ‘awan kata-kata’ yakni representasi visual dari data teks akan dihasilkan.

"Kata-kata yang sering penggunaannya akan memiliki ukuran lebih besar dan semakin kecil ukuran kata-katanya anda tidak perlu mengetahui kata-kata itu. Sehingga program ini akan menyortir kata-kata yang penting untuk Anda ketahui untuk memahami teks ini," kata Margot.

Membuat daftar kata secara online

Setelah Anda menyortir kata-kata Anda, Margot merekomendasikan untuk melihat kata-kata itu untuk mengerti dan memahami apa maknanya.

"[Kamus online tertentu] memungkinkan Anda membuat daftar kata-kata dan Anda bisa mengelompokkan daftar kata Anda dan memberi tag mereka seperti foto," katanya.

Gunakan cara yang menyenangkan untuk mengingat kata-kata

Begitu Anda telah membuat daftar kosa kata, langkah selanjutnya adalah mencoba berbagai cara untuk menyimpan kata-kata yang ingin Anda pelajari.

Margot merekomendasikan hal-hal berikut:

• Buat flashcards fisik atau elektronik

• Dengarkan kata tersebut

• Ketik kata

"Semakin Anda sering berinteraksi dengan kosakata Anda, semakin Anda akan tahu artinya," kata Margot.

Memulai sebuah buku kosakata

Buku kosakata tua yang baik juga dapat dimanfaatkan dan untuk setiap kata yang anda tulis, Margot mengatakan bahwa Anda harus melakukan hal berikut:

• Catat kata dan penekanannya

• Dari bagian pembicaraan mana kata-kata itu berasal (yaitu kata kerja, kata benda, kata keterangan?)

• Buatlah sebuah definisi

• Terjemahkan (ke bahasa pertama Anda)

• Personalisasi contoh kata-kata

Margot mengatakan bahwa kalimat contoh yang dipersonalisasi adalah bagian yang paling penting.

"Letakkan kata itu dalam kalimat yang benar-benar bermakna sesuatu buat anda. Jangan hanya menyalin contoh kalimat," katanya.

Terapkan pola latihan 'aturan satu'

Margot mengatakan bahwa pelajar bahasa harus berusaha menemukan setiap kesempatan untuk menggunakan kosakata baru yang mereka pelajari. Dia menyoroti aturan yang bisa membantu mengingat kata-kata.

"Hal yang paling penting dengan belajar kosa kata adalah aturan ‘satu’ yakni begitu anda mempelajari kata itu, anda perlu mengulangi kata itu dalam satu menit setelah anda mempelajarinya. Kemudian satu jam kemudian setelah anda mempelajarinya dan kemudian ulangi lagi kata-kata itu satu hari setelah anda mempeljarinya.. dan begitu seterusnya dan seterusnya.

"Jadi semakin Anda menggunakannya, semakin banyak kosakata itu akan terbentuk di benak anda."

Learn English Hacks adalah serial Live Facebook yang menampilkan guru Australia di mana mereka mendiskusikan tantangan yang dihadapi peserta didik dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Facebook Learn English kami.