Skip to main content

7 Cara Meningkatkan Kosakata Anda

Kosakata
Bagaimana pembelajar bahasa Inggris dapat meningkatkan kosakata mereka?

Pexels CC: Kamboompics

Bagaimana anda dapat meningkatkan kosakata anda jika anda tinggal di negara yang tidak bertutur Bahasa Inggris?   Margot Palmer from Hawthorn Learning  menjelaskan apa yang dapat anda lakukan dalam situasi seperti itu.

1. Pemaparan diri adalah kunci

Paparkan diri anda sebanyak mungkin dengan Bahasa yang anda sedang pelajari. Sehingga ketika anda sedang menonton film, menonton ke bioskop dan TV yang anda akan merasa nyaman menikmatinya dalam Bahasa anda sendiri. Ubahlah teksnya. Margot merekomendasikan tiga cara untuk melakukannya:

  1. Dengarkan Bahasa Inggris dan kemudian baca teksnya dalam Bahasa anda.
  2. Dengarkan dalam Bahasa ibu anda dan bacalah teksnya dalam Bahasa Inggris
  3. Dengarkan dalam Bahasa Inggris dan bacalah alih teksnya dalam Bahasa Inggris

Cara lainnya untuk memaparkan diri anda pada Bahasa Inggris meliputi:

  • Mencari podcasts dalam Bahasa Inggris anda dan kemudian temukan podcast yang serupa dalam Bahasa Inggris
  • Temukan rekan untuk berbicara melalui aplikasi berbincang di internet tapi melakukan percakapan dengan cara yang aman

2. Buat proses belajar menarik bagi anda

Margot mengatakan anda harus mencoba dan menemukan bahasa Inggris yang setara dengan apapun yang anda baca dalam bahasa sendiri untuk membuat upaya mempelajarinya menjadi lebih menarik bagi anda.

3. Berlangganan pasokan berita dalam bahasa Inggris

Cari layanan pasokan berita dalam Bahasa Inggris yang dipublikasikan oleh koran lokal. Margot mengatakan ini berguna juga bagi pelajar bahasa.

"Pasokan berita seperti ini berbentuk berita singkat dan tajam, seringkali hanya satu kalimat per cerita. Ini berita yang relevan dengan konteks mereka, ini membantu mereka untuk mengerti, mereka bisa melihat gambarnya dan mengerti apa yang terjadi dan ini meningkatkan kosakata mereka.

"Jadi sering kali bentuknya pendek dan tajam tapi Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membacanya."

Sebuah buku terbuka terletak dipegangan kursi diatas sebuah buku yang tertutup.
Mengintegrasikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu jika anda tidak punya banyak waktu sehari-hari.

Pixabay CC

4. Mengintegrasikan pembelajaran dalam jadwal anda

Integrasikan pembelajaran ke dalam jadwal anda sehari-hari dan buatlah menjadi pribadi, saran Margot.

"Anda dapat menemukan lagu yang anda sukai dan gunakan situs-situs dimana anda mendengarkan sebuah lagu dan mengetik liriknya," katanya.

"Saat anda menunggu bus atau saat anda bepergian atau menunggu teman - semua ini adalah saku waktu anda untuk belajar."

Anda bisa sampai pada titik di mana Anda bisa mengerti tapi Anda tidak memiliki kosakata untuk menjawabnya. Sekarang anda sudah punya telepon. Anda bisa menggunakan google translate.

5. Letakkan daftar kata di tempat yang terlihat

Buat daftar dan tempelkan di tempat-tempat di sekitar rumah yang selalu bisa dilihat.

"Saya cukup sering menempelkannya di samping TV saya sehingga saat iklan dan saya tidak ingin menonton iklan, saya bisa melihat kata-kata," kata Margot.

6. Cari tahu gaya belajar Anda

Apakah Anda seorang pelajar visual, pendengaran atau kinestetik? Jika anda seorang pelajar visual dan mencoba mempelajari kata kerja frasa, carilah representasi visual sehingga bisa mengingat kata-kata itu dengan mudah.

Margot mengatakan bahwa kita dapat mengelompokkan kata-kata dengan kata kepala (seperti, get, take) atau berdasarkan situasi (misalnya kata kerja phrasal untuk digunakan di telepon).

"Cara lain adalah mengklasifikasikan kata kerja phrasal dengan struktur gramatikal - satu, dua preposisi, terpisah atau tidak terpisahkan," kata Margot.

7. Bersenang-senanglah dengan itu

Anjuran Margot para pembelajar bahasa untuk bersenang-senang dan jangan sampai menyerah.

"Kegagalan n adalah usaha pertama untuk belajar," katanya.

Learn English Hacks dalah siaran live Facebook yang menampilkan guru-guru Australia dimana mereka akan membahas mengenai tantangan yang dihadapi para siswa yang mempelajari Bahasa Inggris dan bagaimana mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi Learn English Facebook page.