Skip to main content

Bagaimana Daur Ulang Limbah di Australia

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

ADVERTISEMENT

Australia merupakan salah satu produsen limbah terbesar di dunia. Simak video berikut untuk mengetahui mengapa warga Australia berpendapat mengurangi limbah itu penting dan apa yang mereka lakukan untuk mengurangi limbah. Ikuti penjelasan dibawah ini untuk mempelajari bagaimana anda berbicara mengenai linbah dan daur ulang dalam Bahasa Inggris.

Mengurangi limbah adalah hal yang penting bagi warga Australia karena limbah memiliki dampak yang besar bagi lingkungan alami di sekitar kita.

Jika kita mampu mengurangi jumlah limbah yang kita produksi, negara kita dan lingkungan yang bersih akan bertahan sedikit lebih lama. Ungkapan 'last a little bit longer' artinya berada di sekitar kita untuk beberapa waktu lamanya.

"We are not going to be able to survive if we keep producing waste. So if we reduce it hopefully we will last a little bit longer." (Kita tidak akan bisa bertahan hidup jika kita terus memproduksi limbah. Jadi jika kita bisa mengurangi limbah semoga saja kita dapat bertahan lebih lama.")

A pile of rubbish
How can we reduce waste?

Apa yang memicu masalah sampah di Australia? Tidak menggunakan kembali dan mendaur ulang produk yang kita beli adalah salah satu alasannya, namun ada juga banyak alasan lainnya.

Bila Anda ingin mengatakan sesuatu adalah alasan utama untuk sebuah masalah, Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah 'primary cause'.

Kata 'primary' artinya sesuatu itu adalah alasan utama.

"Sadly our society values big houses, big cars. I don’t know if it’ll change at least in my lifetime. That’s primary cause of waste." (Ironisnya masyarakat kita menghargai rumah-rumah yang besar, mobil yang besar. Saya tidak tahu apakah hal itu akan berubah setidaknya semasa saya hidup. Itu penyebab utama dari limbah.")

Salah satu cara yang baik untuk mengurangi limbang adalah dengan memilah limbah anda dan menempatkannya di tempat sampah yang tepat. Ungkapan 'put everything in its place' artinya menempatkan segala sesuatu dimana seharusnya diletakan.

Misalnya, adalah sebuah gagasan yang baik untuk menempatkan kardus dan kertas di tempat sampah yang memang disediakan untuk sampah kertas.

"Recycling and putting everything in its place to do to go to a place where it can be properly treated I guess is a start." (Mendaur ulang dan menempatkan segala sesuatunya di tempatnya untuk dikerjakan untuk diproses ditempat dimana limbah itu akan diproses dengan semestinya saya rasa adalah sebuah awal."

Yellow, red and blue recycling bins
Recycling bins.

ABC: Shivali Nayak

Kata 'Leftover' dapat digunakan sebagai kata sifat untuk memodifikasi sebuah kata benda. Misalnya: leftover food (makanan sisa kemarin). Ketika kata ini digunakan setelah sebuah kata benda maka kita menuliskannya 'left over'.

"I try to eat as much leftover food as possible." (Saya berusaha menghabiskan sebanyak mungkin makanan yang tersisa.")

"There was a lot of food left over after the party."(Ada banyak makanan yang tersisa usai pesta itu.")

Kata 'repurpose' sesuatu dapat bermakna mencari cara baru untuk menggunakan sesuatu itu.

"If there is something that I’m not going to use anymore I’m actually trying to make sure it’s repurposed rather than just being thrown away." (Jika ada sesuatu yang saya tidak akan pergunakan lagi, saya sebenarnya berusaha memastikan untuk menggunakan kembali barang itu ketimbang hanya membuangnya begitu saja.")

Kata 'Packaging' dapat merujuk pada seluruh material, sering kali plastik, di sekeliling sebuah objek yang dijual.

"It’s looking what’s in my supermarket trolley at the end of the day and before I buy, asking myself are they things I really need and how much packaging is on those." (Penampilan adalah hal yang penting di troli belanja saya tapi pada pengujung hari dan sebelum saya membeli, bertanya pada diri sendiri apakah itu adalah benda yang saya butuhkan dan seberapa banyak kemasan yang digunakan benda itu.")

Ikuti pelajaran Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dan berbagai tips lainnya dengan mengikuti forum  Learn English Facebook page